Efek terlalu sering memakai Headset

Assalamu’alaikum wr.wb

Pengetahuan Baru lagi nih bos, tanpa basa-basi simak ya gan/wati

Pada era globalisasi ini, teknologi semakin canggih dan semakin mudah didapatkan oleh manusia. Salah satu contoh teknologi yang sangat canggih sekarang ini seperti notebook, handphone, MP3 Player, iPod dan lain-lain. Teknologi tersebut banyak membantu pekerjaan manusia sesuai dengan fungsinya. Teknologi merupakan alat yang praktis dalam melakukan segala hal, tetapi setiap manusia memakai teknologi tersebut menjadi kebiasaan yang tidak dapat diubah. Sehingga manusia menjadi kecendrungan atau ketergantungan terhadap teknologi yang digunakannya.

Musik merupakan salah satu aplikasi yang terdapat dalam teknologi. Musik merupakan suatu media yang memberikan kenyamanan dalam kondisi keadaan yang tidak normal, seperti bosan, lelah, dan lain-lain. Biasanya media ini sangat digemari manusia khususnya dikalangan remaja. Kalangan remaja sangat menyukai musik dari berbagai aliran seperti pop, rock, jazz, dan sebagainya.

Notebook, handphone, MP3 Player, iPod dan lain-lain merupakan alat yang menyedia aplikasi musik. Adapun alat pendukung untuk mendengarkan musik pada teknologi ini yaitu sering kita sebut Headset atau Earphone atauHeadphone. Bagi para remaja alat pendukung ini memberi keuntungan tersendiri karena mendengarkan musik tanpa mengganggu kegiatan orang lain. Alat yang kecil ini sangat praktis bagi pendengar musik jika ingin mendengarkan lagu dimana saja.

Menggunakan earphone atau headset memang memudahkan kita dalam menikmati musik tanpa mengganggu orang lain. Selain itu headset atau earphoneini juga bisa kita gunakan untuk memudahkan kita dalam berkomunikasi menggunakan telepon meski sedang berkendara. Namun, dibalik semua keuntungan itu, headset ini juga mempunyai efek yang buruk untuk kesehatan.

Pengertian Headset
Pada saat sekarang ini earphone dan headset sangat sering digunakan oleh manusia, karena earphone dan headset berfungsi sebagai mendengarkan suara lebih baik. Adapun pengertian earphone adalah sepasang pengeras suara kecil yang digunakan sangat dekat dengan telinga. Dan headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.

Headset adalah headphone dikombinasikan dengan mikrofon, atau satuheadphone dengan mikrofon. Headset menyediakan fungsionalitas setara denganhandset telepon dengan tangan-operasi bebas. Headset biasanya hanya memiliki satu pembicara seperti telepon, tapi juga datang dengan speaker untuk keduatelinga. Mereka memiliki banyak kegunaan, termasuk dalam call center danlainnya telepon-intensif pekerjaan dan bagi siapa pun yang ingin memiliki kedua tangan gratis selama percakapan telepon.

     Agar tidak berbahaya untuk kesehatan, berikut ada beberapa tips penggunaan earphone yang aman:
1.      Pilihlah earphone yang paling cocok dengan telingamu
Sebelum membeli earphone, kamu bisa memilihnya terlebih dahulu. Apakah earphone itu nyaman atau tidak saat digunakan sehingga tidak membuat daun telinga kamu sakit dan lecet. Gak keren asal nyaman itu justru lebih baik.

2.      Jangan pasang volume pada maksimal
Jangan sekali-kali mendengarkan musik dengan earphone di volume suara yang tinggi atau keras. Karena hal itu hanya akan merusak fungsi pendengaran kamu. Dimana frekuansi lazim di dengar manusia sebenarnya berkisar 20 Hz sampai 20 KHz, meski ada beberapa yang berfrekuensi di atas itu.

3.      Gunakan earphone/Headset sesuai kebutuhan
Gunakanlah earphone dengan waktu yang wajar. Kamu bisa mengistirahatkan telinga kamu antara setengah sampai 1 jam. Apabila kamu menggunakan earphone secara terus menerus, tidak menutup kemungkinan telinga kamu akan mengalami rusak permanen.

4.      Jangan gunakan di tempat bising (ribut/ramai)
Dianjurkan untuk tidak mendengarkan musik menggunakan earphone di tengah keramaian. Karena ada kemungkinan kamu akan meningkatkan volume agar tidak terganggu oleh kebisingan itu. Padahal hal itu akan membuat pendengaran mengalami kerusakan.

5.      Jangan dipasang terlalu rapat
Untuk mengurangi tegangan pada gendang telinga, sebaiknya kamu tidak menutup telinga terlalu rapat saat menggunakan earphone. Jika terlalu rapat itu akan menambah beban pada gendang telinga dan bisa saja telinga akan menjadi sakit dan kepala menjadi pusing. Karena saat kamu menutup telinga dengan earphone/headset terlalu rapat, maka lubang telinga akan hampa udara dan dapat mengganggu pendengaran kamu.

6.      Pilih earphone yang mempunyai banyak fasilitas untuk melindungi telinga kamu
Kamu bisa memilih earphone dengan berbagai keunggulan. Misalnyaearphone yang ada lapisan seperti lensa pada ujung earbundnya. Lapisan itu juga berguna untuk meredam gelombang tekanan pada gendang telinga. Jadi, cermatlah dalam memilih earphone atau headset.

*nah, mulai sekarang agan/wati jangan terlalu sering memakai headset ya, kan udah tau efeknya kaya gimana.

Akhir kata saya ucapkan Wassalamu'alaikum wr.wb

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Misi gan, izin share ya...

A455LN-WX030D Graphic
Price Rp 4.499.000

Spesifikasi :

Prosessor : Core i7-5500U - Up to 3GHz
Memory : 4GB
Hardisk : 1TB
DVD-RW
Layar : 14”
VGA : GeForce GT 840M 2GB
Bluetooth

Kunjungi website kami untuk produk lainnya

Pusat Belanja Komputer

Terimakasih.... :)

Posting Komentar

1. Berkomentarlah yang baik-baik
2. Jangan Gunakan kata-kata kotor
3. Ucapkanlah Terima Kasih bilamana setelah komentar, memberi saran atau yang lain-lainnya

Terima Kasih

 

Bekasi Cyber Crash Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger